Cara Happy Biar Gak Rempong Mandiin Anak
mydoodle

Kerempongan bagi seorang ibu itu ada di waktu pagi hari. Terutama saat mengajak anak untuk mandi. Kadang sih memang ada anak yang gampang banget disuruh mandi, ia suka main air, tapi tak jarang lho Bunda, anak bisa jadi sangat bikin rempoooonggg banget. 

Udah dibujuk-bujuk, tetap aja gak mau. Maunya cuma main, lari-lari. Duh..aduh.. kalau udah gini kan ya jadi pusyiing deh.. 

Pernah sebel gak sih Bund? 

Mandi buat anak kadang bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan tak jarang ia malah gak mau disuruh selesai. Maunya main air. Namun saat menghadapi anak susah mandi, kesabaran kita memang sedang diuji. 

Jangankan disuruh masuk kamar mandi, kadang disuruh lepas baju aja si kecil tetap gak mau. Kalau udah bisa lepas baju, bukannya langsung masuk kamar mandi, eh si kecil malah lari-lari keluar rumah. Dan kita mesti mengejarnya.

Pun kerempongan tak berhenti disitu saja lho Bunda… 

Memakaikan baju ke anak juga bisa jadi kegiatan yang super duper rempong. Pertama, sebagai seorang ibu tentu bakalan memilih baju terbaik buat si kecil. Jadi kadang suka bingung mau pakai baju apa nih hari ini buat si kecil. Mau pakai sepatu yang mana, dan lainnya gitu deh.

Kedua, Bunda tentu tidak akan lupa untuk menggunakan minyak telon pada si kecil. Agar badannya hangat. Namun kadang sebagai ibu kita suka ribet. Si kecil harus pakai minyak telon, bedak ataupun parfum lagi. 

Duh..

Untungnya saat ini sudah ada Minyak Telon Ekslusif: Doodle. Minyak telon yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas serta fungsinya three-in-one lho Bund.

Kenapa? Karena Doodle ini tidak hanya minyak telon biasa, tapi juga minyak telon yang sekaligus wangi green tea dan plusnya lagi; anti-nyamuk.

Jadi, kalau udah pakai Doodle, ya gak perlu lagi pakai parfum sama lotion anti nyamuk. Lebih hemat, lebih wangi tahan lama, dan yang pasti si kecil jadi makin sayaaang sama Bundanya.

Nah.. Makanya saya mau berbagi tips juga nih buat para bunda yang suka rempong buat mandiin dan dandanin anak di pagi hari.

Pertama nih ya Bunda, gunakan air hangat. Seringkali, alasan anak tidak mau disuruh mandi atau dimandikan adalah karena takut air terlalu dingin baginya yang baru saja bangun tidur. Bunda bisa menghangatkan air untuk mengajak mandi si kecil.

Dengan air hangat ini, bisa saja membuatnya tidak takut kedinginan. Air yang hangat membuat tubuhnya nyaman saat mandi. Anak yang takut dingin, tentu akan lebih senang ketika mandi dengan air hangat. Coba tunggu reaksinya setelah Bunda menyiapkan air hangat. Jika ia tetap tak mau, itu artinya si kecil malas mandi saja dan bukan karena takut dengan air yang dingin.

Kedua, cara mandi yang berbeda. Bunda bisa membuat suasana mandi menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi anak-anak. Sesekali bunda bisa memandikan anak dengan shower, dengan ember gede, atau juga dengan gayung. Divariasikan saja. 

Bunda bisa menunjukkan kepada anak ketika ia masih belum mau ke kamar mandi sambil berkata, “Lihat nih Dek airnya seperti air mancur, ah segarnya.” Hal ini bisa membuatnya penasaran dan mau dimandikan.

Ketiga, biarkan anak mandi sambil bermain. Dengan membiarkan anak sambil bermain dan Bunda memandikannya, tidak akan membuatnya rewel. Bisa pula Bunda membawakan mainan yang aman dimainkan di air sehingga saat mandi anak bisa sambil memainkannya. Bilang kepadanya jika rutinitas mandinya sudah selesai, saatnya beranjak ke kamar untuk menggunakan pakaian. Hal ini supaya anak bisa meninggalkan acara bermainnya di air.

Keempat, nasihati anak bukan menakut-nakuti. Saat mengajak anak untuk mandi, sebaiknya hindari menakut-nakutinya, tetapi memberikan nasihat yang baik. Menakut-nakuti anak seperti, “Ayo cepat mandi, kalau nggak mandi nanti dibawa lari mak lampir.”

 

Yuk, cepet mandi, kalau nggak cepet-cepet nanti keburu diculik,” dan sebagainya. Hal ini bisa membuat anak jadi penakut dan terbayang-bayang perkataan ibunya mengenai sosok yang membuat mereka takut. 

Menasihati akan lebih tepat dilakukan untuk mengajaknya mandi, misalnya, “Dek, mandi yuk, anak yang rajin mandi tubuhnya terhindar dari penyakit. Anak pintar harus rajin mandi.” Ibu bisa pula memberikan contoh kartun-kartun atau artis kesukaannya yang punya karakter lucu dan pintar karena mereka juga rajin mandi. 

Kalau sudah begitu, anak pun akan antusias menurut mandi seperti yang juga dilakukan tokoh kartun dan artis favoritnya.

Kelima, berikan penghargaan. Anak-anak paling suka diberikan hadiah. Ibu bisa mengajak anak untuk selalu rajin melakukan rutinitas mandinya dan memberikan hadiah jika sang anak tak pernah malas maupun menolak mandi.

Dengan begitu, anak akan merasa disayangi orangtuanya dan merasa sayang jika harus melewatkan kewajiban mandi 2 kali sehari.

JOIN THE CONVERSATION

Close Menu

JOIN THE CONVERSATION

saya bunda hebat

Silahkan masukkan alamat email Bunda dan nomor telepon pada formulir dibawah ini. Dan dapatkan Guide Book Bunda Hebat Anti-Rempong.